Selasa, 05 Agustus 2014

cerita seorang pejuang...

assalamualaikum haloo... udah lama ga ngeblog... kali ini gue mau cerita pengalaman indah saat berjuang huahaha lama nih ga ngeblog setahun..


maaf bukanya sombong atau apa ngepost itu tapi niatnya cuma memberi semangat.. hehe semoga niatnya baik

langsung aja ya, gue sebenernya alumni 2013... kalo kalian baca blog gue sebelumnya pasti tau gimana perjuangan gue di tolak berkali kali... sampe akhirnya gue mutusin buat ronin, pasti masih banyak yang gatau ronin kan? ronin itu alumni sma yg masih keraskepala buat berjuang lagi.. nah akhirnya gue yg saat itu keras kepala masih mau nyoba untuk memperjuangankan mimpi gue, akhirnya gue milih bimble NF AKSES UI sebagai tempat gue berjuang (promosi dikit) haha...

perjuangan itu di mulai kira2 agustus pertengahan... saat hari pertama masuk, udah ada 20-an orang dan setiap gue kenalan dan nanya mau masuk apa mereka semua mau masuk fk... gue berasa banyak temennya.. sama sama gagal sama sama berjuang..setalah banyak kenalan ternyata banyak juga yg dari luar kota, ada yang dari aceh bahkan papua.. ternyata perjuangan gue belum ada apa apanya di banding mereka..
setelah setengah tahun berjuang sampe desember... gada sesuatu yg menarik kita semua berjuang... biasa ajaa.... masing masing sampai akhirnya suatu hari gue ketemu sama cowo.. dia alumni 2012 berarti tahun ini tahun terakhir dia untuk berjuang... gue putusin untuk kenalan sama dia.. setalah beberapa lama akhirnya kita mutusin untuk belajar kelompok bareng...
 setelah januari... gue mikir lagi, gue mau maksimal-in banget semuanya... akhrinya gue putusin untuk ngekos di deket nf bareng sama temen seperjuangan gue namanya dila.. dia anak makasar.. jauh jauh dateng kesini buat fk, salut banget.gue ngerasa perjuangan gue belum ada apa apanya...

lalu di waktu 6 bulan berjuang dan ngekos gue dapet banyak cerita...
ada temen gue yang sampe ga tidur.. tidur cuma 1 jam , begadang buat belajar...
ada juga yang ngekos.. dan bayar kosan dengan nyuciin bajuu laundry-an..
ada yang diem diem les dari orang tuanya...
ada yang double lesnya..
dan banyak banget yang ronin 2 kali...

semua perjuanagn itu ngebuat gue sadar.. gue udh nambahin 1 tahun yg semestinya gada dalam planing hidup gue, dan untuk negbayar itu gue harus maksimalin semuanya..

setelah keseringan belajar bareng kadang kadang anak ronin itu lupa waktu... kita dateng jam 8 pagi dan bisa pulang jam 9 malem, bahkan kita kadang lanjutin belajar di mcd/ kfc/ lawson.... biasanya kita nyebutnya mabit..kadang juga gue belajar di ui.. bareng icha dara dhila niky..untuk ningkatin semangat liat calon kampus:""
oiya,temen gue mabit ganti gantii ada beberapa orang tapi lebih sering sama dhila (in shaa allah anak FK UNSOED'14) dan eky (FK UNHAS'14). eky anak makasar juga  dan pengen fk. kita ber3 pejuang fk!yeay!-__-

kita ber3 sering bangett mabit.. apalagi pas 2 bulan menjelang sbm, biasanya kita ke nf jam 7 pagi masuk kelas trus jam 9 pulang lanjut lagi mabit..... jangan lo pada kira gue belajar terus.. engga kok kita biasanya selingin waktu buat ngobrol.. sedikit intermezzo.. kita ber3 biasanya abis belajar pulang jam 4 lewat untuk ke mesjid sholat subuh+ tahajud kalo dapet.. pernah suatu hari gue sama dhila ketiduran abis sholat subuh ehh bangun2 kita udah di kunciin dalem mesjidd.. panik keluarnya gimana eh alhamdulillah gemboknya nyantol doang... trus kita juga sering banget ke nf ga mandi karena maasuknya jam 7 haha. tapi percaya deh walaupun lo belajar lamaa tapi gak akan kerasa kalo enjoy..

pokokknya hidup ronin isinya ya belajar konsul dan belajar, gue maksimalin konsul sama siapaa aja walaupun ga kenal... bosen? iya pasti.. semua ngalamin itu. jatuh bangun semanmgat itu udah pasti..gue sampe bingung harus belajar kaya gimana lagi si?! jujur aja 8 kali to gue belum pernah di prediksi lulus fkui... ..makin ngedown lah.... sampe pas daftar sbm.. gue konsul sama guru.. ada yg nyuruh gue ga di ui... mimpi gue katanya ketinggian.. tapi nggapapa..
"bermimpilah setinggi langit.. karena jika engkau terjatuh.. kau akan terjatuh di antara bintang bintang" bung karno

banyak juga temen gue yang ngeraguin gue.. tapi.. walaupun harapan itu 1% intinya masih ada harapan kan..
gue percaya kekuatan do'a itu ada..
gue selalu nulis di depan to gue buku gue lembaran lebaran kertas nf  "belinda thania mahasiswa fakultas kedokteran universitas indonesia 2014" walaupun di liat orang.. setidaknya doa gue di baca sama mereka..

hari perjuangan akhirnya dateng juga.. gatau seneng apa sedih... tapi yg pasti gue antusias banget.. soalpun di bagiin, sebelum gue mulai ngerjain soal. gue merem dulu sebentar gue bayangin diri gue pake jakun dan masuk fkui.. gue senyum senyum sendiri sambil mau nangis.. terus gue tulis di kertas gue "belinda mahasiswa fkui 2014" sayangnya kertas soalnya di kumpulin.

gue kerjain soal soal itu... ga banyakkk. tpa 55, matdas13 b ing 8 b ind 10. mat ipa 9 kimia 10 fisika 10 biologi 8. gue tau di luar sana banyak yang lebih lebih lagi.. tapi setelah gue test.. gue langsung ke mesjid untuk sujud syukur (temen gue pernah nyuruh kaya gini).. setelah test gue lebih ke pasrah...
apa yang gue bisa tinggal berdo'a.... study hard.. and pray hard..

setiap gue inget pengumuman gue selalu berdo'a... dan tentunya mninta di doain sama orang2.. ortu nenek saudara.. guru.. bahkan gue ikut grup one day one juz setiap yang khatam gue langsung greet minta doa.. karena cuma do'a yang bisa merubah takdir...selama di gantungin sama sbmptn gue pun juga sempet down... galauu banget.. tapi ada temen temen gue yang bangkitin semangat... hingga akhirnya hari pengumuman dateng juga.. gue takut banget bukanya... gue buka bareng nyokap adek.. yang di pikiran gue "udah kebal kok" tapi ternyata alhamdulillah....... :)

dear teman teman seperjuangan disana,
gue tau untuk ngulang setahun itu ga mudah.harus siapin hati karena banyak banget omongan2 orang yang ngeremehin.. tapi percaya deh. ronin itu bukan sekumpulan anak yang gagal, tapi ronin itu adalah anak anak yang mempunyai mimpi yang lebih tinggi dan berani untuk memperjuangkanya. BERANI!

semoga apa yang gue tulis bermanfaat buat yang baca

" memang hebat untuk bermimpi setinggi langit.akan tetapi jauh lebih indah jika kita juga berusaha untuk mewujudkannya"


10 komentar:

  1. Hai ka belinda, cerita kaka sangat sangat inspiratif! ;) semoga tahun ini aku bisa nyusul kaka di FKUI ya ka,mohon doanya :) Aamiin

    BalasHapus
  2. Subhanallah..
    Makasiih sharingnya kak. Jadi lebih semangat hihii:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa sama sama deek hehe semangat yaa!

      Hapus
    2. SubhanAllah��
      Motivasi banget ini Kak, aku jadi semangat��
      Makasih ya Kak☺

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum kak belindaa. Subhanallah, tulisan kakak ini, walaupun sedikit, Alhamdulillah menambah motivasi saya kak. Semoga tahun depan aku bisa nyusul kakak di FKUI. Ohya btw, aku alumni 49 juga kaak, dan aku ikut ronin NF akses UI juga loh kak. Aku inget beberapa waktu lalu sblm UN (mungkin) kakak pernah ke 49 dan presentasi sedikit mengenai FKUI. Aku ga nyangka ternyata kakak ronin. Bahkan nama kakak sampai ada di brosur NF, betapa bangga nya hahahah. Kapan2 main yaa kak. Aku di ruang 2, kelas hari senin, rabu, jumat. heheh.

    BalasHapus
  4. Hai kakak, blognya bagus, karena nama aku disebutin. Hiihi, missyou kakak belinda thania

    BalasHapus
  5. Kak ceritanya menginspirasi banget walaupun awalnya emg sedih bgtbgt harus ngulang 1 tahun tapi kita ga boleh patah semangat yaa.. Doakan aku yaa kak yang masih ingin mengejar cita2 masuk FK :)

    BalasHapus
  6. Wahh...kak ceritanya sangat menginspirasi.do'ain ya kak semoga aku bisa masuk fkui tahun ini.

    BalasHapus